الأحد، 23 ديسمبر، 2012

HAKIKAT DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA


Tugas : Makalah
HAKIKAT DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA



OLEH:
ASRAWATI



JURUSAN TARBIYAH/KI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SULTAN QAIMUDDIN
KENDARI
2012

KATA PENGANTAR
            Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Allah SWT,karena atas limpahan rahmat dan taufiq-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul”HAKEKAT DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA” Shalawat dan taslim penulis haturkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW,keluarga,sahabat dan para ummatnya hingga akhir zaman.
            Penulis menyadari sepenuhnya,meskipun telah mengupayakan semaksimal mungkin untuk menyempurnakan kualitas isi yany disajikan,namun masih banyak kekurangan-kekurangan yang masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itupenulis senantiasa memohon ridho AllahSWT serta sangat mengharapkan bimbingan dari berbagai pihak, kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini.














BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar  Belakang
Bahasa  Indonesia adalah bahasa persatuan Republik Indonesia. Bahasa persatuan adalah bahasa yang berfungsi mempersatukan semua suku bangsa yang ada di Indonesia. Bahasa Indonesia itu sendiri adalah bahasa resmi, dan bahasa pertama yang digunakan, selain bahasa daerah. Seperti bahasa Jawa dan bahasa Sunda.
Kedudukan bahasa Indonesia di negara Republik Indonesia, selain sebagai bahasa persatuan juga sebagai bahasa negara atau bahasa nasional dan sebagai budaya. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan artinya adalah bahasa Indonesia sebagai pemersatu suku bangsa yang beraneka ragam di Indonesia.
Dalam berkomunikasi seluruh rakyat negara Indonesia menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Dalam menggunakan bahasa Indonesia kita semua harus tahu tata cara berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Sebelum kita bisa berbahasa Indonesia dengan lancar, kita harus mengetahui dulu fungsi dari bahasa itu sendiri.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang terurai di atas, maka dalam penulisan makalah diatas dirumuskan sebagai berikut :
1.      Apakah hakikat bahasa Indonesia itu?
2.      Apa fungsi bahasa Indonesia itu?
3.      Apakah yang dimaksud identifikasi fungsi bahasa Indonesia?

   C.    Tujuan Penulisan
Makalah ini selain digunakan untuk menyelesaikan tugas bahasa Indonesia juga memiliki tujuan yang ditujukan kepada pembaca yaitu:
1.      Menjelaskan mengenai hakikat bahasa Indonesia
2.      Menjelaskan fungsi bahasa Indonesia
3.      Menguraikan identifikasi bahasa Indonesia    

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.............................................................................................. i
DAFTAR ISI............................................................................................................. ii
BAB I:PENDAHULUAN........................................................................................ 1
A.    Latar Belakng................................................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah.......................................................................................... 1
C.     Tujuan Penulusan........................................................................................... 2
BAB II:PEMBAHASAN.......................................................................................... 3
A.    Hakekat Bahasa Indonesia............................................................................. 4
B.     Fungsi-fungsi bahasa indonesia..................................................................... 5
C.     Identifikasi fungsi bahasa indonesia.............................................................. 5
BAB III:PENUTUP.................................................................................................. 6
A.    Kesimpulan.................................................................................................... 6
B.     Saran.............................................................................................................. 6
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................









BAB II
PEMBAHASAN

A.    Hakikat Bahasa Indonesia
Oleh K. D. Pagelaran Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, Bahasa Indonesia adalah bahasa kerja (working language).
Seperti kata pepatah "Bahasa menunjukkan bangsa", maka penggunaan bahasa Indonesia oleh masyarakat Indonesia saat ini mencerminkan sikap bangsa Indonesia yang enggan bertanggung jawab, makin tidak mengenal tata krama, dan miskin imajinasi.
Bahasa adalah kesatuan perkataan beserta sistem penggunaannya yang berlaku umum dalam pergaulan antar anggota suatu masyarakat atau bangsa. Masyarakat atau bangsa merupakan sekelompok manusia atau komunitas dengan kesamaan letak geografi, kesamaan budaya, dan kesamaan tradisi. Dengan demikian, selain memiliki fungsi utama sebagai wahana berkomunikasi, bahasa juga memiliki peran sebagai alat ekspresi budaya yang mencerminkan bangsa penuturnya. Kecakapan berbahasa suatu bangsa mencerminkan budaya bangsa yang terwujud dalam sikap berbahasa itu sendiri. Sikap berbahasa yang dilandasi oleh kesadaran berbahasa akan membangun rasa cinta, bangga, dan setia terhadap bahasa dan terhadap bangsa.
Dengan demikian,Bahasa Indonesia adalah bahasa yang menjadi wahana komunikasi dan alat ekspresi budaya yang mencerminkan eksistensi bangsa Indonesia. Pengembangan sikap berbahasa yang mencakup kemahiran berbahasa Indonesia dalam wadah pendidikan formal (sekolah) dilaksanakan melalui mata pelajaran atau mata kuliah Bahasa Indonesia. Dengan demikian hakekat pembelajaran Bahasa Indonesia adalah pembelajaran untuk menjadikan peserta didik memiliki kemahiran berbahasa Indonesia baik dalam berkomunikasi lisan maupun tertulis yang mencerminkan kesadaran berbahasa sebagai bangsa Indonesia yang telah menetapkan bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara.
Kemahiran berbahasa Indonesia harus selalu diupayakan oleh seluruh penuturnya agar memiliki sikap berbahasa yang positif. Sikap berbahasa positif itu akan membawa sikap setia, bangga, dan cinta kepada bahasa Indonesia. Dengan demikian, bahasa Indonesia dapat memenuhi fungsi luhurnya sebagai alat pemersatu bangsa. Bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa, mungkin lebih efektif dibandingkan alat-alat pemersatu yang lain, karena dengan bahasa berarti komunikasi dan saling pengertian antar warga bangsa dapat terwujud. Maka dari itu janganlah sekali-kali melecehkan bahasa Indonesia dalam aktivitas apa pun.

B.     Fungsi-Fungsi Bahasa Indonesia
Bahasa dibentuk oleh kaidah aturan serta pola yang tidak boleh dilanggar agar tidak menyebabkan gangguan pada komunikasi yang terjadi. Kaidah, aturan dan pola-pola yang dibentuk mencakup tata bunyi, tata bentuk dan tata kalimat. Agar komunikasi yang dilakukan berjalan lancar dengan baik, penerima dan pengirim bahasa harus harus menguasai bahasanya.
Bahasa adalah suatu sistem dari lambang bunyi arbitrer yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat komunikasi, kerja sama dan identifikasi diri. Bahasa lisan merupakan bahasa primer, sedangkan bahasa tulisan adalah bahasa sekunder. Arbitrer yaitu tidak adanya hubungan antara lambang bunyi dengan bendanya.
Fungsi Bahasa Dalam Masyarakat :
1.      Alat untuk berkomunikasi dengan sesama manusia.
2.      Alat untuk bekerja sama dengan sesama manusia.
3.      Alat untuk mengidentifikasi diri.
“Hasil Perumusan Seminar Politik Bahasa Nasional” yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25-28 Februari 1975 antara lain menegaskan bahwa dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai:
1.      Lambang kebanggaan nasional
2.      Lambang identitas nasional
3.      Alat pemersatu berbagai-bagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang sosial budaya dan bahasanya
4.      Alat perhubungan antar budaya antar daerah
Dalam “Hasil Perumusan Seminar Politik Bahasa Nasional” yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25-28 Februari 1975 dikemukakan bahwa di dalam kedudukannya sebagai bahasa Negara, bahasa Indonesia berfugsi sebagai:
1.      Bahasa resmi kenegaraan
2.      Bahasa pengantar resmu di lembaga-lembaga pendidikan
3.      Bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah
4.      Bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern                                                                                                                                   
C.    Identifikasi Fungsi Bahasa Indonesia
Sebagai lambang kebanggaan nasional, bahasa Indonesia memancarkan nilai-nilai  sosial budaya luhur bangsa Indonesia. Keluhuran nilai yang dicerminkan bangsa Indonesia kita harus bangga dengannya, menjunjungnya, dan kita harus mempertahankannya.
Sebagai lambang identitas nasional, bahasa Indonesia merupakan lambang bangsa Indonesia. Ini berarti, dengan bahasa Indonesia akan dapat diketahui siapa kita, yaitu sifat, perangai, dan watak kita sebagai bangsa Indonesia.
Dengan fungsi yang ketiga memungkinkan masyarakat Indonesia yang beragam latar belakang sosial budaya dan berbeda-beda bahasanya dapat menyatu dan bersatu dalam kebangsaan, cita-cita, dan rasa nasib yang sama.
Dengan fungsi keempat, bahasa Indonesia sering kita rasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai media berkomunikasi dengan seseorang yang berasal dari suku lain yang berlatar belakang berbeda, kita dapat bertukar pikiran dan saling memberikan informasi. Bagi pemerintah, segala kebijakan dan strategi yang berhubungan dengan ideology, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan mudah diinformasikan.
Bahasa Indonesia berfungsi pula sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan. Setelah itu, harus menggunakan bahasa Indonesia. Karya-karya ilmiah di perguruan tinggi (baik buku rujukan, karya akhir mahasiswa-skripsi, tesis, disertasi, dan hasil atau laporan penelitian) yang ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia, menunjukan bahwa bahasa Indonesia telah mampu sebagai alat penyampaian iptek, dan sekaligus menepis anggapan bahwa bahasa Indonesia belum mampu mewadahi konsep-konsep iptek.

                       
                                   

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Hakikat, Fungsi, dan Identifikasi Fungsi Bahasa Indonesia
1.      Hakikat bahasa Indonesia 
Hakekat Bahasa Indonesia adalah kemahiran berbahasa Indonesia baik dalam berkomunikasi lisan maupun tertulis yang mencerminkan kesadaran berbahasa sebagai bangsa Indonesia yang telah menetapkan bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara.
2.      Fungsi bahasa Indonesia
a.       Sebagai lambang kebanggaan nasional
b.      Sebagai identitas nasional (jati diri, ciri khas)
c.       Alat pemersatu berbagai suku bangsa yang berbeda-beda latar belakang budaya dan bahasanya
d.      Alat penguhubung antar daerah sebagai bahasa nasional
3.      Identifikas Fungsi Bahasa Indonesia
Fungsi bahasa Indonesia selain sebagai lambang kebanggaan nasional juga sebagai identitas nasional atau jati diri bangsa Indonesia. Selain itu bahasa Indonesia juga bisa digunakan sebgai alat permersatu berbagai suku bangasa yang ada di Indonesia. Bahasa Indonesia juga mempermudah seluruh bangsa Indonesia dalam berkomunikasi baik dalam situasi formal maupun informal, bahasa Indonesia juga dipakai dalam lembaga-lembaga nasional.

B.     Saran
Dalam menggunakan bahasa Indonesia kita harus menerapkan konsep dasar dalam berbahasa serta mengembangkan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan tetap menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari pada saat beraktifitas.
s

‏ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق